;

24 Mei 2009

Penjual Kayu Jati Belajar Nge-Blog


Nge-Blog, Blogger, Blogspot… apaan tuh? Kata-kata yang sebelumnya sangat asing bagiku, akhir-akhir ini menjadi kata-kata yang sangat sering aku dengar melebihi berita pemilu. Saking seringnya, sampe-sampe aku nekat beli laptop (walaupun hasil ngutang sih) dan pingin belajar bikin blog. Dengan harapan suatu saat aku bisa menjadi seorang Blogger Sejati, meskipun aku sendiri gak tau apa artinya Blogger Sejati. Hehe..

Sebelumnya aku mau memperkenalkan diri, namaku Novianto Joko Prasetyo, teman – teman biasa panggil aku Antok…

Aku lahir dari keluarga yang berasal dari desa terpencil di daerah Jawa Timur jauh dari jangkauan teknologi, ya..bisa dibilang keluarga “katrok” n “gaptek” lagi hehe…Setelah lulus kuliah dari salah satu universitas swasta di Malang (meski dari keluarga katrok n gaptek aku kuliah juga lho…tapi lulus dengan IPK yang agak minim sih hehe), aku kerja pindah2 dari satu perusahaan ke perusahaan lain tapi yang jelas dari semua perusahaan itu posisiku gak pernah berubah, ya tau sendiri ngelamar jadi bos kan gak mungkin, ya jadi Sales gak papa lah buat pengalaman… Kan kata orang tua kita “Pengalaman adalah guru yang paling baik buat hidup kita” tapi bener gak sih? Hehe

Pada pertengahan tahun 2005 setelah keluar dari salah satu perusahaan otomotif di Malang, disela – sela pusingnya kepala akibat berubahnya status-ku menjadi pengangguran tiba2 ada angin segar keluar dari bapak-ku, beliau sekitar 20 tahun yang lalu kan menanam kayu jati, tapi itulah rahasia Illahi disaat aku jadi pengangguran kok pas pohon jati punya bapak-ku waktunya panen hehe…ya tau sendiri lah gimana lanjutannya.

Mulai aku tebang pohon jati itu satu demi satu (kayak puisi ya hehe) terus aku mulai belajar ngurus surat menyurat ya tau sendiri kan lagi marak2nya Ilegal Logging dan lagian aku kan paling tertib ma aturan hehe

Kemudian dengan bekal pengalaman jadi sales di beberapa perusahaan aku mulai jual kayu – kayu bapak-ku, dengan uang fee yang diberikan dari hasil penjualan itu dan meski awalnya agak pesimis setelah satu tahun akhirnya habis juga kayu jati itu.

Setelah itu aku bingung lagi apa yang harus aku lakukan? tapi pikir-dipikir sayang juga link yang sudah aku rintis selama setahun itu, akhirnya aku putuskan untuk melanjutkan perjuanganku di kancah dunia perkayuan. Bermodal nekad dan uang sisa – sisa perjuangan yang lama akhirnya meski sempat tersendat – sendat akhirnya aku bikin Usaha Dagang (UD) yang harapanku bisa mendukung kerjaanku dan bisa buat usahaku lebih maju. Dan Alhamdulillah mulai berjalan juga usahaku itu, yang awalnya aku hanya pengecer kayu jati kelas teri di malang, sekarang aku tetep kelas teri sih hehe tapi pasarku untuk kayu jati udah mulai sedikit melebar sampai luar kota bahkan luar profinsi sampai luar pulau..

Dan dengan informasi yang minim tentang dunia Blog dari blogger yang kebetulan dia sahabat lama, aku tertarik untuk masuk ke dunia yang menurutnya bisa menambah wawasan, kenalan, dan pada tingkat tertentu bisa buat cari duit (kan itu yang paling penting hehe).

Dengan ini pada hari Sabtu Legi tanggal 23 Mei 2009 dengan mengucap Bismillah dan dengan semangat 45 saya nyatakan diri saya siap untuk menjadi seorang BLOGGER…. MERDEKA….

Sumber materi yang aku ulas diblog ini aku ambil dari buku dengan judul Mengenal Kayu 
oleh J. F. Dumanauw

7 komentar:

Anonim mengatakan...

hebatt... hebatt...

penjual kayu jati blajar ngeblog...

semoga sukses usahanya...

Anonim mengatakan...

salut bro...mungkin kita bisa sama2 belajar...bole sharing yah...tp aku blm pny blog cuma lg belajar soal kayu jati aja...

HOTGIRLINTOWN on 08 Oktober, 2009 11:22 mengatakan...

SERIOUSLY...IT' HOT & AMAZING...COME & SEE..HURRY...HURRY...

Anonim mengatakan...

pasokan kayu jati dari mana aja.................klo ada yg ngajak jkerjasama untuk pengolahan lahan jati untuk pasokan jati., gimana? hub : baraco_176@yahoo.com

cokroi yk on 07 Januari, 2014 08:16 mengatakan...

ini baru mantap..biasanya orang mau belajar yang bukan profesinya terutama teknologi ogah2an dan malas2an..lha ini malah semangat. Mantab, bisa belajar juga tentang perkayuan sama sampeyan mas.

Julie Morgan Siregar on 23 Maret, 2017 00:41 mengatakan...

Trimakasih untuk informasinya semoga makin maju blog.nya jernih pikiran sejernih Air Gunung Salak

Berkat Papua on 04 Juli, 2017 15:18 mengatakan...

Sarang Semut Putih
Sarang Semut Papua
Kapsul Sarang Semut
Kapsul Buah Merah
Minyak Getah Buah Merah
Buah Merah Papua
Rumput kebar Papua
Kayu Ular
Kayu Akway

Posting Komentar

 

Mengenal Kayu is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2008